Kamis, 29 Januari 2015

Pandawa Lima, Ikon Kota Solo Baru

Solo Baru, adalah salah satu kota satelit dari Kota Surakarta atau Solo. Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui kota ini. Namun, ada ikon Kota Solo Baru yang membuatnya menjadi lebih terkenal. Yaitu Patung Pandawa.

Ikon Kota Solo Baru ini yaitu Patung Pandawa yang terlihat gagah dan menjulang tinggi. Kota yang dijuluki sebagai “kotanya kaum elit” ini memang terlihat mewah karena bangunan-bangunan di kota ini. Hal tersebut tentu berbeda dengan Kota Solo yang kental dengan nuansa Jawa-nya.

Letak patung tersebut yaitu di bundaran yang ada di pusat kota. Patung tersebut terbuat dari lapisan tembaga yang merupakan hasil karya dari pematung terkenal asal Bali, I Wayan Winten. Kelima patung tersebut menghubungkan Sukoharjo dengan Kota Solo.

Patung tersebut berada di tugu air mancur dan berdiri kokoh di antara perempatan jalan dan menjadi simbol selamat datang kota ini. Keempat patung Werkudoro (timur), Nakulo (selatan), Arjuno (barat) serta Sadewo (utara) menghadap ke arah Puntodewo yang berdiri gagah di di tengah.

Penggunaan patung tersebut sebagai ikon Kota Solo Baru karena keteladanan dari kelima karakter dari patung tersebut. Selain itu, untuk kembali mengingatkan akan budi pekerti yang luhur kepada masyarakat.

Saat Anda mengunjungi Kota Solo, maka tak ada salahnya mampir ke Solo Baru. Suasana yang berbeda dari Kota Solo yang ditawarkan oleh kota ini memang patut Anda kunjungi. Terlebih lagi dengan ikon barunya berupa Patung Pandawa. Anda bisa berfoto dengan latar patung tersebut. menarik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar