Rabu, 28 Januari 2015

Mengintip Rupa Sapta Tirta, Pemandian Sang Raja di Kota Solo

 
Jika di Yogyakarta punya Taman Sari. Di Solo juga punya tempat pemandian Raja bernama Sapta Tirta. Namun, tempat wisata di Solo ini tidak berada di dalam area keraton. Namun di luar area keraton.

Letak pemandian Raja ini yaitu di Kabupaten Karanganyar. Sesuai namanya yaitu Sapta Tirta. Jumlah mata air di pemandian ini yaitu ada 7. Salah satu bangunan yang dialiri oleh air ini yaitu Keputren. Tempat wisata di Solo ini merupakan peninggalan dan menjadi tempat pemandian dari Raden Mas Surono atau Raja Mangkunegara VI.

Pemandian Keputren ini memiliki 6 bilik kamar mandi. Pemandian Keputren ini sayangnya tidak bisa pengunjung pakai. Pemandian ini hanya bisa Anda lihat saja oleh pengunjung. Hanya dengan membayar 3 ribu Rupiah, Anda bisa menikmati sekeliling pemandian ini dan merasakan tempat petilasan Raja-raja Mangkunegara.
7 mata air di pemandian ini memiliki nama. Yaitu air urus-urus, air mati, air hidup, air soda, air bleng, air kesekten serta air kamulyan. Tak sedikit pengunjung dari pemandian ini mempercayai arti dari air ini. Sehingga tak jarang mereka meminum air dari 7 mata air tersebut. Namun, Anda harus berhati-hati. Karena tidak semua air tersebut dapat Anda minum.

Salah satunya adalah air mati. Anda jangan minum air yang berasal dari mata air ini. Karena mengandung racun yang pastinya tidak baik jika Anda minum. Namun, lain hal nya dengan air hidup. Anda dapat meminum air dari mata air ini karena mengandung mineral yang cukup banyak.

Jika Anda ingin merasakan mandi layaknya berada di pemandian Raja, Anda bisa mencoba berendam di salah satu Sapta Tirta. Mata air dari tempat wisata di Solo yang seluas 2 hektar ini letaknya pun tak berjauhan. Jadi, Anda bisa berkeliling ke semua mata air di tempat ini.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus