Rabu, 18 Februari 2015

Pura Mangkunegaran Solo, Alternatif Tempat Wisata di Solo

Kota Solo memang terkenal dengan Keraton Kasunanan Surakartanya. Rasanya kurang jika berwisata ke Kota Solo belum mampir ke salah satu landmark dari Kota Solo ini. Namun, ada satu tempat wsiata di Solo yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Yaitu Pura Mangkunegaran Solo.

Pura Mangkunegaran Solo sebenarnya cukup terkenal. Terlebih lagi saat acara Sekaten. Keraton ini juga tak kalah ramai dikunjungi oleh para turis. Untuk bisa menikmati isi dari salah satu tempat wisata di Solo ini, Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar 10 ribu Rupiah.

Di keraton ini, meski membayar dengan harga murah, Anda akan didampingi oleh tour guide saat berkeliling keraton. Tour guide tersebut akan menjelaskan kepada Anda mengenai seluk beluk dan sejarah dari keraton tersebut. Namun ada baiknya untuk menyisihkan uang Anda untuk tambahan biaya membayar guide.

Di keraton ini, Anda akan melihat pendopo yang berusia cukup tua. Yaitu telah dibangun sejak 1757. Untuk masuk ke pendopo dan dalam keraton ini, pastikan Anda melepas alas kaki Anda. Karena Anda dilarang untuk menggunakan alas kaki di dalam pendopo dan keraton ini.

Di dalam pendopo ini, Anda akan melihat aneka patung hiasan yang berasal dari Eropa, Cina, bahkan zodiak jawa. Namun, Anda jangan sesekali memotret di dalam keraton ini. Hal ini terkait dengan banyaknya benda seni dan mistis yang sakral bagi keluarga keraton. Tak hanya itu saja. ada singgasana Mangkunegaran yang hanya dipakai saat acara tertentu.

Beralih ke area taman, Anda akan melihat aneka patung bergaya Eropa tertata rapi di sini. Anda juga akan diajak mengunjungi bagian belakang keraton. Pada bagian belakang terdapat aula serta tempat makan Pangeran Mangkunegaran yang digunakan untuk menyambut tamu.

Sebelum Anda keluar, Anda juga akan diajak melihat koleksi kereta kuda yang usianya telah mencapai lebih dari 50 tahun. Kereta kuda yang ada di Pura Mangkunegaran Solo tersebut uniknya didatangkan langsung dari Eropa. Jadi, tunggu apa lagi. Berwisata ke Kota Solo, jangan lupa mampir ke keraton ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar